Rabu, 12 November 2008

4 cara agar Artikel Makin Memikat (Bag 4 habis)

Sobat maya | Sebagian orang ada yang merasa begitu mudah dalam menulis. Tetapi sebagian lain justru tidak lepas dari keluhan disebabkan susahnya mencari apa yang mau ditulis. Apa penyebab keluhan itu?

Apakah karena anda tidak punya bakat? Bukan. Banyak yang semula merasa tidak punya bakat tetapi bisa menjadi penulis hebat. Kuncinya hanya terletak pada kemauan untuk berlatih dan terus berlatih menulis. Jangan sampai alasan bakat ini mengelabui anda sehingga tidak pernah mulai menulis.

Apakah karena rasa malas? Bukan. Tadi kan anda sudah mau memulainya hanya saja bingung apa yang mau ditulis. Jadi alasan malas hanya mengada-ada saja. Lalu apa dong? Ya..baiklah kalau penasaran…..saya akan beri tahu.

Penyebabnya adalah karena tidak ada bahan untuk ditulis. Yeeeeeh..ya iya atuh. Dari tadi juga kan itu yang di bahas! Aduh maaf…….Maksud saya adalah:

Banyak-banyaklah membaca.
Inilah cara keempat yang saya maksud. Teko yang besar atau drum sekalipun jika kosong isinya tidak akan bisa mengeluarkan air minum walau seteguk. Hp sebagus apapun tidak bisa dipake kalau pulsanya kosong. Paling Cuma tampang doang.

Begitupun halnya dalam menulis. Apa yang bisa dikeluarkan jika isinya kosong. Apa yang bisa disajikan jika anda tidak punya informasi yang akan disampaikan. Yang ada hanyalah blank, bingung apa yang harus ditulis. Betul tidak?

Tidak ada cara lain untuk mengatasi hal ini kecuali anda harus sering-sering membaca. Membaca tidak harus banyak sekaligus, tidak pula harus lama-lama. Anda bisa lakukan sebagaimana layaknya “ngemil” makanan ringan.

Hernowo salah satu penulis produktif, yang bukunya sangat bagus-bagus, memberikan tips ini “bacalah seperti ngemil”. Trik ini masih saya praktekkan hingga sekarang. Sehingga dengan trik ini, membaca buku yang tebalnya diatas 500 halaman pun menjadi terasa ringan.

Cara lainnya adalah berkunjung ke blog-blog lain untuk mencari ide-ide yang akan di jadikan bahan tulisan anda.

Dengan banyak kosa kata maka anda bisa mengungkapkan sesuatu dengan kata yang berbeda. Juga untuk mengungkapkan sesuatu anda bisa menjelaskan makna yang sama dengan rangkaian kata yang berbeda pula. Gaya bahasapun demikian. Anda bisa menulis sesuatu dengan gaya bahasa anda sendiri. Pertahankanlah gaya menulis anda, karena ini akan menjadi cirri khas anda. Keunikan anda. Keunikan inilah yang akan menjadi keunggulan buat anda.

4 cara agar artikel makin memikat sudah saya sampaikan semuanya untuk anda. Sekarang giliran anda untuk mempraktekkannya. Saya tinggal menunggu.

Penting: Silahkan berikan komentar atau masukkan Anda, atau sekedar ucapan terimakasih dibagian bawah postingan ini, saya akan sangat menghargai setiap komentar anda! Siapa tahu justru anda-lah yang bisa menginspirasi orang lain.

Tidak ada komentar:

Daftar Blog Saya