Kamis, 20 November 2008

Rahasia Menulis Artikel Super Kilat

Sobat Maya | Sebagian orang menyatakan bahwa membuat artikel sangat mudah. Sebagian lainnya menyatakan sebaliknya. Jangankan menulis puluhan paragraf, satu paragraf saja kadang terasa menyiksa. Mengapa demikian?

Satu hal penyebab yang pasti adalah kurangnya bahan yang tersedia di kepala Anda. Diperparah oleh perasaan tidak percaya diri. Yah sudah lah....tamat riwayatnya.

Obat untuk mengobati penyakit kurangnya stok bahan ini tiada lain adalah dengan banyak membaca. Bagaimana mungkin bisa menuangkan kata-kata dan memaparkan ide sementara bahan di dalamnya kosong. Seperti halnya teko, jika kosong tidak mungkin keluar air.

Obat untuk menghilangkan rasa tidak percaya diri adalah dengan 3T. Apa itu 3T? Yaitu Terus berlatih menulis, Tebalkan muka, Tutup Telinga. Teruslah berlatih, meskipun kata-katanya berantakkan, tidak karuan, biarkan saja yang penting adalah menulisnya. Semakin sering maka semakin baik. Suatu saat, tergantung kedisiplinan anda, anda akan menjadi orang yang terlatih dalam menulis.

Bila mentok ide, coba jalan-jalan ke toko buku dan belilah satu yang kira-kira cocok dengan yang anda sukai. Jika sayang uang, maka nongkrong lah di toko buku itu tiap butuh ide, baca disana seharian, bila perlu bawa catatan dan catatlah disana sepuasnya. Biasanya akan ada beberapa pasang mata yang mengarah kepada Anda baik pengunjung ataupun petugas toko buku. Biarkan saja selama tidak dilarang. Tebalkan muka, cuek ajalah. Jadi inget diri sendiri he...he...he....

Cara lainnya, silahkan contek abis salah salah artikel atau penggalan dari isi bab suatu buku. Jika ada komentar bahwa anda disebut plagiat maka keluarkan jurus ‘tutup telinga’. Biarkan orang mencibir dan menghina. Biarkan orang mengkritik anda habis-habisan. Yah..resiko dikit. Namanya juga nyontek.

Tetapi saya setuju bahwa nyontek adalah perbuatan kurang baik, dan tidak akan membuat kemampuan menulis anda menjadi lebih terasah. Makanya saya kurang merekomendasikan cara menulis artikel seperti ini.

Mungkin cara yang halusnya adalah anda minta ijin sebelumnya kepada pemilik tulisan/ artikel, atau mencantumkan sumber rujukannya. Karena banyak yang mengijinkan tulisan dimuat asalkan sumbernya dicantumkan.

Rahasia menulis artikel super kilat. Wow.. judulnya mantap yaa. Ada kilatnya segala ya, sekalian aja petir, hujan, awan, dicantumkan supaya rame. Sory nggak serius.

Rahasia menulis artikel super kilat masud saya adalah teknik cepat menulis artikel. Tentu ukurannya adalah dari segi waktu. Saya menyelesaikan artikel ini hanya belasan menit. Tak lebih dari 15 menit. Lagi mud kali ya?

Artikel tidak perlu puluhan paragraf (bener nggak yaa?). Hanya beberapa paragraf saja sudah bisa diselesaikan. Bagaimana cara saya menulis artikel secara cepat?

Syarat pertama adalah dan ini sangat penting yaitu muntahkan semua yang ada dibenak kita ke dalam kertas atau layar monitor. Jangan pernah di vonis salah atau jelek, atau halangan lainya yang membuat kita berhenti menuangkan ide.

Selesaikan sampai tuntas apa saja yang akan ditulis. Jika mentok, tulis saja kalimat “kenapa jadi mentok apa yang harus saya tulis nah adalagi setelah...dst”. Jangan dulu mengoreksi apapun, semua harus dimuntahkan. Jika terasa sudah lengkap maka taha pencurahan sudah selesai.

Setelah tahap pencurahan selesai maka anda boleh memperbaikinya. Yang harus diperbaiki meliputi susunan hurup, gaya bahasa, rangkaian kata-kata, dan sebagainya. Boleh juga mengganti kata-kata yang dirasa kurang pas atau menambah paragrap untuk melengkapi artikel Anda.

Inilah salah satu rahasia saya saat menulis artikel. Banyak cara dan gaya untuk menghaskan tulisan, pilih yang cocok dan terapkanlah. Semakin banyak cara semakin memudahkan anda. Kini anda sudah dapat salah satu cara dari saya, rahasia menulis artikel super kilat.

----------------------------------------------------------------

Inilah teks aslinya sebelum tulisan ini saya edit. Saya cantumkan sebagian supaya artikel ini tidak terlalu panjang. Anda bisa melihat kerancuan disana-sini, baik hurup maupun rangkaian kata-katanya

----------------------------------------------------------------

Syarat pertama adalah dan ini sangat penting yaitu muntahkan semua yang ada dibenak kita ke dalam kertas atau layar monitor. Jangan pernah di ponis dalah atau jelak, atau halangan lainya yang membuakt ita berhenti menuangkan ide.

Selesaikan sampai tuntas apa saja yang akan ditulis jika jika mentok biarkan saja tulis kenapa jadi mentok apayang haru sayatulis nah adalagi setelah jangan dulud merngorksi semua haru dimuntakna. Jika dianggap sudah lengkap maka taham pencurahan sudah seleai.

Setelah tahanp pencurahan selesai maka anda boleh memperbaikinya. Baik susunan hurup, gaya bahasa, rnakkaian akta-kata, dan sebagainya. Boleh juga menggnti kata-kata yangdirasa kurang pas. Atau menambah paragrap untuk melengkapi artiekl Anda.

Inilah salah satu rahasia saya saat menluil artikel. Banyak cara dan gaya untuk menghaskan tulisan, pilih yang cocok dan terapkan. Semakinbanyak cara semakin memudahkan anda. Kini anda sudah dpat salah satu cara dari saya, rahasia saya menulis atrtiekl supr kita.

---------------------------------------------------------------

1 komentar:

purwono mengatakan...

Terima kasih atas tipsnya.

Daftar Blog Saya