Kamis, 20 November 2008

Waspadai Penipuan di Internet

Sobat Maya | Apakah anda pernah menemukan website yang menawarkan cara mendapatkan uang secara cepat dengan jumlah yang menggunung? Penawaran mereka begitu menggiurkan, bikin air liur berjatuhan. Hati hatilah jangan buru-buru tergoda. Ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan agar tidak terjebak dengan rayuan maut mereka.

Siapa yang tidak mau menjadi jutawan secara cepat dan mendadak, apalagi tanpa kerja. Duduk, diam, dapat duit. Siapa sih yang tidak mau jadi jutawan internet, saya yakin siapapun pasti mau. Saya juga mau lhooo…mau buanget.

Beberapa hal yang bisa mencegah anda supaya tidak tertipu antara lain sebagai berikut :

Pertama, Perhatikan apakah penampilan websitenya profesional. Yang bagaimana ya website yang professional itu. Saya juga belum persis tahu yang seperti apa ya? Lho kok balik nanya? Ya kalo informasi yang saya dapatin sih yang webnya bersih, rapid an warnanya matching. Karena membuat website yang profesional jelas lebih mahal daripada website sekedarnya.

Ini memang tidak ada jaminan bahwa website yang profesional bukan merupakan penipuan. Tetapi ini akan mengurangi kemungkinan. Sebab untuk bikin web yang professional katanya sih mahal. Mau nipu aja kok harus ngemodal. Bener gak ya?he..he..he..

Kedua, carilah, apakah ada alamat lengkap beserta nomor telepon dari pemiliknya atau kantor cabang, atau nomor/alamat lainnya yang bisa dihubungi. Alamat yang lengkap lebih kuat dibandingkan hanya sekedar nama saja.

Ketiga, carilah mengenai testimonial yang diberikan, apakah kelihatan benar-benar nyata. Cara paling aman membeli sesuatu adalah dengan melihat testimonial yang diberikan oleh pemakai sebelumnya. Lihat juga hasil-hasil yang pernah ia capai.

Keempat, Jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk langsung membeli. Tergiur sih sah-sah saja, sangat manusiawi. Tetapi anda perlu mengontrol emosi dan menggunakan logika. Mungkinkah menghasilkan uang sebanyak itu dalam waktu sesingkat itu?

Cari sebanyak mungkin informasi tentang bisnis itu baik dari teman atau saudara yang sudah menjalankan online lebih lama. Atau cari pula informasi tetang mereka di internet. siapa tahu ada orang yang kecewa ataupun puas yang melakukan review.

Gali informasi dengan rumus BAL. Benar, Akurat, Lengkap, jika tiga saringan ini anda gunakan maka informasi yang anda dapatkan tidak akan menjerumuskan anda.

Kelima, Wah saya sudah beli, gimana dong?

Setelah anda beli produk itu namun setelah beberapa lama justru yang anda tuai bukan hasil melainkan kecewa, maka jadikan hal ini sebagai pelajaran.

Jangan sampai jatuh kelubang yang sama. Maklumi diri anda. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini. Yang sudah biarkan lewat dan kita jadikan sebagai cermin. Kegagalan merupakan hal yang wajar dalam mencoba. Memang inilah bagian dari sekolah kehidupan.

Mudah-mudahan tip ini tidak membuat anda jadi korban penipuan di internet.

Penting: Silahkan berikan komentar atau masukkan Anda, atau sekedar ucapan terimakasih dibagian bawah postingan ini, saya akan sangat menghargai setiap komentar anda! Dan siapa tahu justru anda-lah yang bisa menginspirasi orang lain.

1 komentar:

12ku mengatakan...

mau nanya, apasih isi ebook itu sebenarnya(bikin penasaran).
mohon berbagi buat yang pernah (maaf) tertipu

Daftar Blog Saya