Kamis, 20 November 2008

Menulis Tak Harus Hal Baru

Sobat Maya | Saya tidak punya penemuan baru atau ilmu baru, bagaimana saya bisa mengisi posting saya? Saya bukan ahli sesuatu jadi saya tidak mungkin bisa dipercaya untuk menyampaikan sesuatu. Jika kondisinya seperti ini apa yang harus saya lakukan?


Dari puluhan buku yang pernah saya baca ternyata ada beberapa bagian yang hampir mirip isinya, meskipun gaya bahasanya atau cara menguraikannya sedikit berbeda. Tetap saja buku-buku ini laku dipasaran. Bahkan beberapa diantaranya termasuk best seller.


Beberapa artikel yang dimuat diblog-blog juga demikian. Saya menemukan beberapa artikel yang isinya menguraikan tentang hal yang sama. Hanya saja penuturannya, cara menjelaskannya, kata-kata yang digunakannya, sedikit lain.

Tetapi blognya tetap saja banyak yang mengunjungi.


Ada yang mengatakan,”tidak ada hal yang baru di dunia ini”. Ungkapan ini ada benarnya juga. Beberapa buku best seller yang laku di pasar saat ini, setelah saya amati secara lebih detail, ternyata ia merupakan produk lama yang di poles dari tulisan seseorang yang lain, dengan gaya bahasa yang berbeda dan dengan rangkaian kata yang berbeda pula.


Tidak ada alasan bahwa menulis itu harus seorang ahli, tidak juga beralasan bahwa menulis itu harus ide baru, hal baru, atau tentang sesuatu yang baru. Anda bisa menulis sesuatu yang ada dengan gaya pemaparan anda sendiri, dengan sudut pandang anda sendiri, dengan kata-kata anda sendiri. Menulis tak harus selalu yang baru.


Saya jadi teringan kata-kata dari seorang fasilitator saat saya mengikuti training for trainer ketika masih aktif di Daarut Tauhii Bandung.


Beliau mengatakan “ada empat hal yang bisa kita lakukan untuk menghasilkan atau melakukan sesuatu, yaitu 4 N (katanya sih bahasa jawa), Niteni, Niru, Nglakoni, Nambah”. Niteni = mengamati, Niru = meniru, Nglakoni = mencoba, Nambah = menambah (memodifikasi)


Dari rumus 4 N ini saya jadi lebih paham bahwa untuk membuat sesuatu yang berbeda tidak perlu menemukan hal baru atau hal aneh. Cukup dengan mengamati apa yang sudah ada, kemudian menconohnya. Setelah itu kita praktekkan atau coba-coba. Dan langkah selanjutnya adalah menambah atau mengurangi (memodifikasi).


Demikian halnya dengan menulis. Menulis tak harus hal baru. Anda bisa melihat blog orang,kemudian dapat ide dari sana, dan silahkan tuangkan tulisan sesuai dengan sudut pandang dan gaya bahasa anda.


Bisa juga dengan cara membaca koran, majalah, atau buku. Jika anda piawai maka dari buku saja sudah bisa membuat beberapa artikel.


Ayo menulis! Tidak ada yang baru di dunia ini.


Penting: Silahkan berikan komentar atau masukkan Anda, atau sekedar ucapan terimakasih dibagian bawah postingan ini, saya akan sangat menghargai setiap komentar anda! Dan siapa tahu justru anda-lah yang bisa menginspirasi orang lain.

Tidak ada komentar:

Daftar Blog Saya